Senin, 31 Oktober 2011

Faktor-Faktor Perubahan Organisasi

Faktor-Faktor Perubahan Organisasi
1. Pemicu Perubahan Lingkungan
Unsur-Unsur Lingkungan Perusahaan
a. Pasar yang dilayani perusahaan (klien atau konsumen)
b. Pemasok
c. Lembaga Pemerintah dan Parlemen
d. Asosiasi niaga
e. Lembaga keuangan
f. Kondisi perekonomian
2. Pengaruh PETS (Politik, Ekonomi, Teknologi dan Sosial)
a. PETS mempengaruhi perusahaan pada strategi, struktur dan operasi termasuk kebijakan SDM
b. PETS merupakan metafora agar kita bias membedakan berbagai aspek lingkungan perusahaan dan kaitan spesifikasinya dengan perusahaan sebagai pemicu perubahan
3. Pemicu Perubahan dari Lingkungan Politik
a. BBM naik, daya beli masyarakat rendah
b. BBM turun akan mempengaruhi penerimaan pajak dan dampak negatifnya kemampuan pemerintah dalam pembangunan infrastruktur, pendidikan dan kesehatan akan berkurang
4. Pemicu Perubahan Internal
a. Pergantian Direktur atau Manager
b. Perubahan struktur administrasi
c. Penataan kelompok kerja
d. Pembelian system TI baru
e. Penguatan bagian tertentu seperti riset dan pengembangan
Tahapan proses perubahan organisasi
Karena ada tekanan dan desakkan, dimana yang dimaksud disini adalah tekanan dan desakkan dari pihak luar atau dalam untuk mengembangkan suatu organisasi agar mau berkembang dan berjalan lebih maksimal
Interfrensi dan Reorientasi biasanya melibatkan orang lain untuk mengelola, dimana dibutuhkan pengenalan kembali agar mengingatkan apa yang telah dicapai dari apa yang masih harus menjadi misi untuk mencapai visi suatu organisasi tersebut
Diagnose dan pengenalan masalah, dimana disini berusaha ditemukan, apa yang menjadi sebab, dana mengakibatkan apa, serta bagaimana cara organisasi tersebut memecahkan suatu maslah dengan baik
Penemuan dan Komitmen dari penyeselaian, setelah menemukan suatu hal yang baru terhadap penyelesaian masalah, maka akan didapatkan komitmen baru, dimana harus dijalankan agar sesuatu kegagalan di masa lampau tidak terulang lagi dimasa depannya
Percobaan dan penerimaan hasil, dimana setelah kita melakukan percobaan suatu yang baru, kitapun harus dapat menerima hasilnya dan mereview kembali agar kita mengetahui dimana cacatnya suatu cara tersebut dan memodifikasi kembali agar perubahan itu menjadi lebih baik dan sesuai dengan yang diharapkan
Ciri-Ciri Pengembangan Organisasi
Merupakan suatu pendekatan sistematik, terpadu dan terencana untuk meningkatkan efektivitas organisasi serta memecahkan masalah-masalah yang merintangi efisiensi pengoprasian pada semua tingkatan
Ciri-ciri pengembangan organisasi yang efektif sebagai berikut:
1. Strategi terencana
2. Menekankan cara-cara baru meningkatkan kinerja
3. Mengandung nilai humanistic
4. Menggunakan pendekatan komitmen
5. Menggunakan pendekatan ilmiah
Karakteristik pengembangan organisasi:
1. Perubahan yang direncanakan
2. Perubahan komprehensif
3. Perubahan jangka panjang
4. Tekanan pada kelompok-kelompok kerja
5. Partisipasi pengantar perubahan
6. Manajemen kolaboratif
7. Tekanan pada intervensi dan riset

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar