Senin, 09 Januari 2012


Kasus 1

Pak Rudi baru saja diangkat menjadi kepala sekolah sebuah SD swasta yang baru 3 tahun beroperasi, Ia merasa senang sekali dengan promosi yang ia dapatkan dan merasa percaya diri akan dapat memimpin SD tersebut untuk dapat berkembang. Namun baru 2 bulan memimpin ia mulai menghadapi permasalahan yang terus berdatangan. Mulai dari komplain orang tua soal toilet, Kegiatan pembelajaran yang dinilai tidak berkualitas, sarana yang tidak memadai serta komunikasi dengan guru yang belum berjalan baik. Setiap kali ia menerapkan kebijakan baru selalu saja ditanggapi dingin oleh staff.

Pak Rudi berupaya menjalankan tugasnya sebaik mungkin terutama ia fokuskan pada hal-hal yang bersifat administratif. Setelah satu tahun ajaran ia memimpin sekolah belum dirasakan perkembangan yang berarti. Komplain-komplain dari orang tua terus berdatangan mengenai berbagai aspek yang ada di sekolah dan menyampaikan tuntutan yang begitu tinggi terhadap sekolah. Komunikasi dengan staff pun belum dapat berjalan dengan baik.

Berdasarkan kasus di atas cobalah analisa apa yang menjadi kelemahan kepemimpinan Pak Rudi  Apa saran yang bisa anda berikan agar Ia sebagai pemimpin sekolah dapat melaksanakan tugasnya dengan efektif.

SOLUSI

Menurut Saya ..
Sebaiknya pak rudi sebagai pemimpin itu harus mempunyai visi dan misi yang baik untuk memajukan sekolah SD itu, dan memberikan suatu perubahan yang berarti untuk berkembangnya sekolah tersebut. dan antara pihak sekolah dan pihak wali murid mengadakan sebuah pertemuan atau rapat secara terbuka, agar tidak terjadi kesalahpahaman yang berkepanjangan, kemudian pihak sekolah juga memberika rincian secara detail kepada pihak wali murid, dari mulai biaya administrasi sekolah, pembangunan sampai masalah kecil sekalipun. Dan Sebaiknya masalah2 seperti itu dapat bisa teratasi apabila pihak kepala sekola dan para staffnya bisa berkomunikasi dengan baik kepada pihak wali murid

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar