Materi Perilaku konsumen
1. Apa yang
dimaksud dengan perilaku konsumen ?
2. Mengapa
perilaku konsumen perlu dikaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industry
?
3. Jelaskan
pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen ?
4. Faktor apa yang
menentukan perilaku konsumen ?
5. Bagaimana menyikapi
masalah perilaku konsumen ?
Jawab :
1. Perilaku
konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan
pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan
jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan
2. Karena Untuk
Mendesain bauran pemasaran kemudian Mensegmen pasar bisnis terus Memposisikan
dan mendeferensiasikan produk lalu Melaksanakan analisis lingkungan serta Mengembangkan
studi riset pasar
3. Terdapat tiga
pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen.
a. Pendekatan
pertama adalah pendekatan interpretif.Pendekatan ini menggali secara mendalam
perilaku
konsumsi dan hal yang mendasarinya.
b. Pendekatan
kedua adalah pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif, sosial, dan
behaviorial serta dari ilmu sosiologi. Pendekatan
ini bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perliku dan
pembuatan keputusan konsumen.
c. Pendekatan
ketiga disebut sebagai sains marketing yang didasari pada teori dan metode dari
ilmu ekonomi dan statistika.Pendekatan ini dilakukan dengan
mengembangkan dan menguji coba model matematika berdasarkan hirarki kebutuhan
manusia
4. a. Faktor
Sosial : Grup,Pengaruh Keluarga,Peran dan Status.
b. Faktor
Personal : Situasi Ekonomi,Gaya Hidup,Kepribadian dan Konsep Diri,Umur dan
Siklus Hidup,Pekerjaan.
c. Faktor
Psikologi : Motivasi,Persepsi,Pembelajaran,Beliefs and Attitude.
d. Faktor
Kebudayaan : Subkultur dan Kelas Sosial
5. Sebaiknya konsumen tidak mudah terpengaruh dengan keinginan yang hanya sementara, telitilah sebelum membeli sesuatu, apakah barang yang akan dibeli itu termasuk kebutuhan atau hanya keinginan dan apakah dapat bermanfaat bagi penggunanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar