Konsep penerimaan perusahaan dan menejemen penerimaan adalah tujuan akhir usaha demi mencapai suatu keuntungan kegiatan perusahaan atau juga bisa disebut profit dalam rangka :
1. Mempertahankan
kelangsungan usaha dan perusahaan
2. Menambah
dan memperbesar produksi (ekspansi)
Sebuah
perusahaan bisa mendapatkan keuntungan baik dalam jangka pendek maupun dalam
jangka panjang.
Keuntungan
dalam jangka pendek keuntungan membutuhkan untuk mempertahankan kelangsungan
usaha sedangkan dalam jangka panjang untuk ekspansi dan memperbesar skala
usaha. Keuntungan jangka pendek langsung berhubungan dengan tingkat produksi
yang memiliki unsur biaya dan penerimaan. Selisih antara penerimaan dan biaya
itulah yang disebut profit. Bila selisih antara penerimaan dan biaya hasilnya
negative maka perusahaan mengalami kerugian (loss). Sebaliknya bila selisihnya
positif makaperusahaan mengalami keungtungan (benefit).
Dalam jangka
panjang perusahaan yang mendapatkan selisih positifantara penerimaan dan biaya
belum tentu untung sebaliknya belum tentu rugi, dalam jangka panjang yang harus
selalu dipertimbangkan bukan saja (Cost and Revenue-C/R) tapi biaya dan manfaat
(Cost and benefit-C/B).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar